Sabtu, 19 Desember 2020


Vaksin, Solusi Atasi Virus Corona?

Tags

Sudah 1 tahun lamanya Virus Corona atau Covid-19 ada di dunia ini. Jumlah kasus infeksi Corona pun makin hari makin meningkat khususnya di negara Indonesia. Menurut situs worldometer corona (covid-19) yang diakses pada tanggaI 19 Desember 2020 pukul 13.52 WIB, Indonesia sudah menempati posisi ke-20 dengan jumlah kasus positif sebanyak 650.197. Ini jelas angka yang sangat besar. Dari 200 Juta penduduk Indonesia, lebih dari 600 Ribu orang terpapar virus covid-19 yang hampir merata di setiap wilayah. Ini tentunya akan terus meningkat jika masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan. 




Sebelumnya, pemerintah Indonesia sudah menegaskan disiplin protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak) kepada masyarakat. Namun sayangnya, masih ada beberapa orang yang tidak mematuhinya.


Kabar gembiranya, beberapa hari lalu pemerintah Indonesia juga telah memesan vaksin corona atau covid 19 dari sejumlah perusahaan farmasi dunia. Ini merupakan salah satu upaya pemerintah indonesia untuk menekan angka kasus positif covid-19 yang terus meningkat tiap harinya. Kurang lebih 155 Juta dosis vaksin sudah dipesan oleh Pemerintah Indonesia. Kabar terkini, sebanyak 1,2 Juta dosis vaksin Sinovax sudah tiba di Indonesia dan tinggal menunggu ijin dari BPOM. Sebelumnya, pemerintah indonesia telah menetapkan enam jenis vaksin yang digunakan yaitu vaksin yang diproduksi oleh PT Biofarma, AstraZaneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer-BioNtech dan Sinovac Biotech.


Vaksin Covid-19 di Indonesia, Gratis !


Namun yang menjadi pertanyaan oleh masyarakat awam adalah berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan vaksin tersebut? Awalnya memang vaksin ini akan dikenakan biaya, namun Presiden Joko Widodo melalui Youtube Sekretariat Presiden mengumumkan bahwa vaksin gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia. Beliau juga memerintahkan ke jajaran kabinet untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021. 


Dengan adanya program vaksin Covid-19 gratis ini tentu membuat kekebalan imunitas masyarakat dapat cepat terwujud. Apalagi jika nantinya vaksin ini diperoleh secara mudah oleh masyarakat dan tidak dengan mekanisme yang rumit.


Efek Samping Vaksin Covid-19


Lalu apa efek samping dari pemberian Vaksin Covid-19? Vaksin ini tentu juga akan menimbulkan efek samping, layaknya obat atau vaksin lainnya. Beberapa efek samping dari vaksin Covid-19 adalah antara lain:



1. Demam (Tidak terlalu berat)

2. Lelah

3. Sakit Kepala

4. Nyeri Otot dan Sendi di daerah lokasi suntikan

5. Kemerahan di daerah lokasi suntikan


Umumnya efek samping yang muncul menjadi pertanda bahwa tubuh sedang membentuk imunitas dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Untuk mempercepat penyembuhan beberapa hal yang bisa dilakukan:


1. Konsumsi Air Putih

2. Makan terartur

3. Istirahat Cukup


Halodoc, Layanan Konsultasi Dokter Online


Selama pandemi covid-19 masih ada di negara ini, kita sebagai masyarakat harus selalu patuhi protokol kesehatan yang ada. Selain itu, kita juga harus lebih responsif terhadap kondisi tubuh. Misalnya, membaca artikel tentang kesehatan atau melakukan konsultasi dokter walau secara online. Salah satu aplikasi yang menyediakan layanan konsultasi dokter secara online adalah Halodoc. Dengan aplikasi layanan kesehatan ini, memungkinkan pengguna mendapatkan informasi kesehatan secara cepat dan mudah hanya melalui handphone. Pengguna juga dapat berkomunikasi melalui fitur chat dan juga video call dengan dokter pilihan Halodoc yang tentunya sudah berpengalaman. Agar tidak penasaran, silahkan download aplikasi Halodoc secara Gratis melalui Google Playstore bagi pengguna Android ataupun melalui AppStore bagi pengguna iOs



EmoticonEmoticon