Sabtu, 26 Desember 2020


Pengalaman NgeBlog disaat Pandemi Covid19

Tags

Tepat desember 2019 lalu, Virus Corona atau Covid19 mulai menyebar ke berbagai negara di dunia, salah satunya Indonesia. Akibatnya, banyak orang-orang yang terpapar virus ini. Seketika itu pun pemerintah Indonesia membuat kebijakan #DiRumahAja selain menerapkan protokol kesehatan 3M, Mencuci tangan; Memakai masker; Menjaga jarak.



Saya yang notabennya adalah seorang pengajar di salah satu Kampus swasta di Indonesia juga terkena dampak dari Virus Covid19. Perkuliahan di Kampus yang tadinya dilakukan tatap muka, sekarang harus dilakukan secara daring/online. Bahkan hingga sekarang, Kampus tempat saya mengajar masih tetap memberlakukan perkuliahan daring demi mengurangi angka penyebaran virus covid19 di Indonesia.


Tidak hanya itu saja, saya pun bekerja dari rumah atau Work Form Home (WFH). Untungnya di rumah saya sudah memiliki koneksi internet pribadi. Jadi kebijakan WFH pun bagi saya tidak terlalu masalah. Saya hanya memikirkan mahasiswa/i saya yang tidak memiliki koneksi internet pribadi dan hanya mengandalkan kuota handphone masing-masing. Tapi saya lega ketika pemerintah memberikan kuota gratis bagi mahasiswa dan dosen perguruan tinggi.



Selama WFH, tentu saya jadi semakin dekat dengan keluarga apalagi anak yang baru berusia 2 tahun. Saya lebih banyak waktu untuk bermain dengan anak saya setelah mengajar mahasiswa secara online. Selain itu, waktu yang saya manfaatkan untuk "NgeBlog" jadi lebih banyak.


Sedikit cerita, NgeBlog sudah menjadi hobi saya sejak SMA kelas 2. Saat itu saya masih menggunakan platform gratisan yaitu blogspot dan wordpress. Hingga sekarang pun saya masih menggunakan kedua platform tersebut. Bedanya hanya terletak pada alamat domain saja yang saat ini sudah berbayar dan juga sudah menggunakan hosting sendiri. 



Pertama kali saya menggunakan domain berbayar adalah pada saat saya Kuliah semester 3. Pada saat itu saya menggunakan custom domain, namun server masih bawaan dari blogger (milik google). Domain yang saya gunakan waktu itu adalah domain imaniawan.id. Domain ini saya beli di salah satu penyedia layanan dan domain terbaik di Indonesia yaitu Domainesia karena rekomendasi dari teman waktu itu. Hosting DomaiNesia Hosting Indonesia Terbaik mungkin sebutan itu cocok untuk Domainesia saat ini. Saya sendiri pun merasa bingung, kenapa saya tidak berpindah ke layanan hosting lain. Apakah karena saya sudah nyaman dengan Domainesia, hingga sekarang pun saya masih mempercayakan pihak Domainesia dalam hal hosting dan domain untuk blog-blog saya.


Kurang lebih ada 20 blog yang saat ini saya kelola. Ada yang memang digunakan untuk Private Blog Network, ada juga yang digunakan untuk pribadi ataupun permintaan dari orang. Asal tahu saja, selain mengajar saya juga membuka jasa pembuatan blog/website untuk perusahaan, umkm dan sebagainya. 

 

Ketika pandemi seperti ini ternyata menjadi berkah juga buat usaha saya. Hal ini disebabkan oleh permintaan pembuatan website yang meningkat dari kalangan pengusaha maupun perusahaan bahkan dunia pendidikan seperti sekolah dan pesantren. Seperti kita tahu, sata ini hampir semua jenis usaha beralih ke digital. Pandemi Covid19 seperti ini tentu membuat jenis usaha yang tadinya dilakukan secara offline (tatap muka) jadi go online. 


Bagi yang memiliki hobi menulis, cobalah untuk membuat sebuah blog dan tuangkan tulisan-tulisan kalian ke dalam blog tersebut. Ketika blog kalian sudah memilik banyak pengunjung, artinya blog kalian siap untuk di monetisasi baik itu dari Google Adsense (Iklan Google), Content Placement, Affiliasi ataupun untuk jualan produk. Asal tahu saja, saat ini banyak anak-anak muda (mulai dari SMP, SMA hingga Kuliah) sudah memiliki penghasilan puluhan juta per bulan hanya dari NgeBlog. Apalagi di saat pandemi seperti ini, penghasilan meraka bisa menembus ratusan juta rupiah. Gimana? Enak kan.? Yuk NgeBlog!



EmoticonEmoticon