Sabtu, 19 September 2020


Tips Mudah Mengendarai Motor Gigi untuk Pemula

Tags

Tips Mudah Mengendarai Motor Gigi untuk Pemula - Sejak adanya motor matic, beberapa orang menganggap motor gigi sulit untuk dikendarai. Mungkin yang membuat bingung adalah sistem transmisi yang menggunakan gigi. Sebenarnya untuk bisa menguasai motor gigi tidaklah sulit, apalagi Anda sudah mengetahui triknya.


Hal yang paling dibutuhkan saat mengendarai motor gigi selain keseimbangan adalah cermat dan teliti. Sebab Anda harus menyesuaikan transmisi perpindahan gigi agar tetap nyaman dalam berkendara. Berikut beberapa tips untuk bisa menguasai motor gigi dengan mudah menurut superbengkel.co.id. Simak selengkapnya di bawah ini.


<span>Photo by <a href="https://unsplash.com/@barcelocarl?utm_source=unsplash&amp;utm_medium=referral&amp;utm_content=creditCopyText">Carl Barcelo</a> on <a href="https://unsplash.com/s/photos/gear-motorcycle?utm_source=unsplash&amp;utm_medium=referral&amp;utm_content=creditCopyText">Unsplash</a></span>


1. Dalam Keadaan Berhenti


Ketika pertama kali belajar motor gigi pastinya Anda merasa gugup. Cobalah untuk rileks dan ajak seseorang yang sudah mahir mengendarai motor gigi untuk menjadi pendamping Anda. Saat akan menyalakan motor, pastikan gigi berada di posisi N (biasanya berwarna hijau)


Setelah menyala, jangan terburu-buru untuk mengegasnya. Agar motor dapat melaju, silakan masukkan gigi 1 dan gas secara perlahan. Apabila gas sudah terasa mulus Anda bisa menambahkan rentang gigi. Penting untuk diperhatikan yaitu hindari penambahan gigi saat pengegasan terlalu besar sehingga suara mesin seperti menjerit.


2. Dalam Keadaan Berjalan


Tips untuk motor yang sudah dalam keadaan berjalan adalah pindah gigi sebelum rentangnya habis. Misal Anda menggunakan gigi 2 yang rentangnya 20 – 40 km/jam, maka segeralah pindah ke gigi 3 sebelum habis. Tujuan lain dari cara ini adalah untuk menghemat bahan bakar motor Anda.


Adapun tips lain saat akan perpindahan gigi yaitu lakukan saat melepas gas. Dengan cara tersebut perpindahan gigi akan terasa mulus. Lakukan pengoperan dengan cepat saat pelepasan gas agar mesin tidak menyentak.


3. Posisi Belokan


Jika masih dalam tahap belajar mengendarai motor gigi, Anda harus berhati-hati saat melewati belokan. Kurangi gas secara perlahan dan jangan lupa gunakan rem (rem tangan dan rem kaki). Setelah berada di tikungan segeralah gas kembali. Ketika proses berlangsung, akan lebih baik jika Anda menurunkan gigi bila perlu.


4. Posisi Mengerem


Dalam mengendarai motor gigi pengereman bisa dilakukan dengan cara melepas gas, kemudian tekan pedal rem belakang (di bawah kaki kanan). Dalam melakukan pengereman, akan lebih baik jika Anda memadukan kedua rem, baik depan maupun belakang.


Akan tetapi, saat pengereman mendadak gunakan rem belakang hingga tandas agar motor Anda tidak jatuh. Lalu jika motor sudah berhenti Anda bisa turunkan gigi hingga ke posisi netral.


5. Posisi Jalan Menanjak


Tips yang tepat juga sangat Anda perlukan saat berada di posisi tanjakan. Tips pertama saat di jalan tanjakan adalah menggunakan kecepatan kurang lebih 20 km/jam dalam posisi gigi 2. 


Sedangkan pada tanjakan yang curam, sebaiknya gunakan kecepatan 10 – 20 km/jam dengan gigi 1. Jika melewati tanjakan yang panjang, Anda bisa menggunakan gigi 3 sampai tanjakan habis kemudian lanjutkan dengan gigi 4.


Sebenarnya cara mengendarai motor gigi sangatlah mudah, siapapun pasti bisa melakukannya jika mau belajar. Namun, dalam mengendarainya tetap harus hati-hati apalagi bagi pemula. Awalnya memang sulit, tapi ketika Anda sudah mahir pasti akan lebih nyaman mengendarainya. 






This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon