Selasa, 26 Mei 2020


Tips Memilih Rumah Sakit Terdekat Untuk Melakukan Pemeriksaan

Tags

Teknologi yang terus berkembang telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia salah satunya yaitu pelayanan kesehatan. Melakukan pemeriksaan, pembelian obat atau bahkan rapid test dapat langsung dilakukan tanpa harus mengantri terlebih dahulu. Halodoc hadir memberikan informasi seputar rumah sakit terdekat yang dapat dikunjungi untuk melakukan pemeriksaan di berbagai wilayah.

Rapid test merupakan prosedur pemeriksaan yang dilakukan sebagai skrining awal untuk mendeteksi ada atau tidaknya infeksi virus corona dalam tubuh. Jika dirasa telah terpapar virus ini dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Pada saat ini banyak rumah sakit yang memberikan pelayanan rapid test untuk masyarakat umum. Berikut tips memilih rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan.



1. Memastikan Menu Layanan yang Tersedia


Hal pertama yang harus dilakukan ketika memilih rumah sakit terdekat yaitu memastikan menu layanan yang tersedia. Biasanya sebelum memeriksakan diri, pasien atau keluarga yang bersangkutan dapat bertanya pada bagian informasi atau pendaftaran pasien mengenai layanan apa saja yang disediakan. Selain itu, brosur atau pamflet mengenai rumah sakit juga mencantumkan layanan dan fasilitas yang ada.

Dengan adanya Halodoc, pasien dapat memilih rumah sakit yang memiliki paket layanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan. Melalui menu yang ada dalam aplikasi memungkinkan pasien melakukan layanan cek lab, janji dengan dokter rumah sakit bahkan rapid test dan PCR yang digunakan untuk mendeteksi virus corona.

Kemudahan layanan kesehatan ini tentu membuat pasien tidak lagi bingung untuk memilih rumah sakit. Bahkan pasien dapat memilih rumah sakit yang dekat dengan wilayah tempatnya tinggal. Tentu saja harus kembali disesuaikan dengan layanan yang tersedia pada rumah sakit yang akan dikunjungi.

2. Memilih Rumah Sakit dengan Peralatan Medis Menunjang


Peralatan untuk melakukan pelayanan kesehatan tentunya berbeda-beda tergantung kondisi pasien yang diperiksa oleh dokter. Ketersediaan peralatan yang ada di rumah sakit sangat diperlukan terlebih untuk menangani penyakit tertentu yang memerlukan peralatan khusus. Tentunya untuk mengetahui peralatan yang tersedia di rumah sakit secara langsung sangat sulit untuk dilakukan.


Oleh sebab itu bertanya kepada pihak rumah sakit terkait ketersediaan alat perlu dilakukan. Ketika pasien telah terlanjur dirawat di rumah sakit yang tidak memiliki peralatan yang menunjang biasanya pasien tersebut akan diberikan surat rujukan ke rumah sakit lain.Jika hal ini terjadi maka pelayanan yang diharapkan tidak maksimal.

Untuk meminimalisir hal ini, aplikasi layanan kesehatan memiliki peranan yang penting untuk memudahkan masyarakat memperoleh perawatan medis. Halodoc merupakan salah satu aplikasi layanan kesehatan yang menyediakan informasi seputar rumah sakit mitranya termasuk layanan kesehatan dan apakah ada peralatan medis yang menunjang untuk penyakit tertentu di rumah sakit tersebut.

3. Mencari Tahu Transparansi Biaya


Besarnya biaya yang harus dikeluarkan ketika hendak melakukan pemeriksaan atau perawatan di rumah sakit tentunya perlu diketahui terlebih dahulu. Biasanya biaya yang harus dikeluarkan dapat dilihat di bagian informasi atau pendaftaran rumah sakit. Jika tidak bisa ditemukan pada bagian informasi, pasien atau keluarga yang bersangkutan dapat bertanya kepada pihak administrasi.

Rincian biaya diperlukan untuk mengetahui estimasi biaya yang harus dikeluarkan oleh pasien selama perawatan. Tentunya dengan gambaran biaya yang ada membuat pasien tidak akan kaget ketika menyelesaikan administrasi setelah melakukan pemeriksaan. Perlu diingat bahwa setiap rumah sakit memiliki biaya yang berbeda sehingga penting untuk mencari tahu tranparansi biaya ketika memilih rumah sakit.

4. Melihat Index Kepuasan Pelanggan


Salah satu kriteria yang perlu dipertimbangkan ketika memilih rumah sakit yaitu index kepuasan pelanggan. Index kepuasan pelanggan dapat dijadikan referensi oleh pasien ketika pertama kali melakukan pemeriksaan di rumah sakit yang bersangkutan. Jika pelayanan yang diberikan baik, maka index kepuasan pelanggan pun bagus.

Tentunya dengan melihat aspek ini, akan menambah kenyamanan ketika melakukan pemeriksaan dan perawatan. Jangan buru-buru memilih rumah sakit terdekat. Pastikan menu layanan dan peralatan juga tersedia untuk menunjang perawatan pasien secara maksimal.

5. Memastikan Jarak Rumah Sakit


Tentunya hal penting yang perlu dilakukan ketika memilih rumah sakit yaitu memastikan jarak rumah sakit dengan tempat tinggal. Memastikan jarak tentu perlu dilakukan demi kemudahan akses dan tidak terlambat ketika hendak memeriksakan diri terlebih untuk pasien yang harus segera ditangani secara khusus.

Dekatnya jarak rumah sakit dengan lokasi tempat tinggal dapat dilihat pada aplikasi Halodoc. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam menerima akses layanan kesehatan. Penggunanya dapat melakukan chat, panggilan suara maupun panggilan video dengan dokter yang tersedia 24 jam sehingga memungkinkannya untuk mendapat layanan medis dengan cepat.

Demikian tips memilih rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan dengan mudah. Dengan adanya aplikasi Halodoc membuat masyarakat lebih mudah mengakses layanan kesehatan karena tersedia 24 jam. Tetap atur pola hidup agar hidup tetap sehat dan terbebas dari penyakit.


EmoticonEmoticon