Senin, 12 November 2018


Bayar Pajak 5 Tahunan dan Ganti Plat Nomor Kendaraan Samsat Banyumas

Tags

Memiliki kendaraan seperti sepeda motor tentu ada pajak yang harus dibayar tiap tahunnya. Namun, bagaimana kalau misal kendaraan sudah melewati masa 5 tahun, tentu tidak hanya pajak yang dibayar tiap tahun, plat nomor pun harus diganti. Nah kali ini saya akan membagi pengalaman saya ketika membayar pajak 5 tahunan kendaraan sepeda motor di kantor samsat kabupaten Banyumas.

Bayar Pajak 5 Tahunan dan Ganti Plat Nomor Kendaraan Samsat Banyumas


Beberapa hal yang disiapkan diantaranya:
1. Kendaraan sepeda Motor
2. BPKB asli
3. KTP asli 
4. STNK asli
5. Uang (sesuai dengan biaya pajaknya)
6. Pulpen

Datanglah ke kantor samsat setempat. Jika bingung, tanyakan ke satpam atau petugas setempat perihal tujuan kita datang ke kantor samsat. Ingat malu bertanya sesat di jalan. Lanjut... nanti dari petugas akan mengarahkan kita untuk membeli stopmap berwarna pink di loket fotocopy. Harga stop map sendiri kurang lebih Rp. 2000. Jika sudah maka silahkan tulis nama sesuai bpkb di stop map tersebut dan nomor HP.

Selanjutnya bawa kendaraan ke tempat cek fisik. Di tempat cek fisik sudah ada petugasnya sendiri. Jadi tidak perlu khawatir untuk bongkar-bongkar. Jika sudah maka nanti petugas cek fisik memberikan stempel pada Map pink lalu menyuruh kita untuk menyerahkannya ke bagian verifikasi. Jika sudah, maka kita akan diarahkan ke loket pendaftaran. 

Serahkan map pink ke petugas loket pendaftaran, nanti kita akan mendapatkan nomor antrian pembayaran pajak. Nah biasanya antrian ini membutuhkan waktu yang agak lama (tergantung situasi dan kondisi).

Jika nomor antrian sudah dipanggil, maka bayarlah sesuai dengan pajak yang ditentukan. Sebenernya di loket tersebut ada keterangan "Bayarlah dengan uang pas", namun kalau uangnya gak pas, tenang aja kok ada kembaliannya. 

Jika pembayaran sudah selesai maka tinggal menunggu STNK (yang sudah diperpanjang). Ini pun membutuhkan waktu yang agak lama (sekali lagi tergantung situasi dan kondisi). Ketika nama di BPKB dipanggil oleh petugas penyerahan STNK, maka sesegera mungkin ambil STNKnya dan pergi ke bagian pengambilan plat nomor yang ada di belakang kantor samsat banyumas. 

Untuk pengambilan plat nomor tidaklah lama, karena memang plat sudah dibuat ssebelumnya. Cek kembali nomor plat dan BPKBnya, barangkali ada kekeliruan kan masih bisa diganti ditempat. 

Kurang lebih seperti itu pengalaman saya ketika membayara pajak 5 tahunan di kantor samsat Banyumas.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon