Jumat, 17 November 2017

Menanamkan Rasa Cinta Rupiah Sejak Sekarang

Tags

Cinta rupiah adalah sebuah rasa dimana kita bisa benar-benar menghargai rupiah sebagai mata uang tanah air kita yang harus dijunjung sangat tinggi, setinggi tingginya. Maka, disanalah rasa cinta kita pada tanah air Indonesia bisa kita asah dan tanam kepada anak cucu kita kelak. Anda sekalian pasti pernah merasakan perasaan jatuh cinta pada seseorang, di mana perasaan itu akan terasa sangat indah dan seolah membawa kita ke alam mimpi yang penuh bunga yang semerbak wanginya. Disaat anda sedang merasakan jatuh cinta, semua hal yang akan atau sedang anda lakukan pastinya melulu berorientasi pada rasa cinta itu tentunya.

Menanamkan Rasa Cinta Rupiah Sejak Sekarang


Cinta kepada rupiah itu seperti jatuh cinta pada seseorang

Anda pasti setuju, bahwa perasaan cinta terebut bisa membuat anda akan lebih memperhatikan orang yang sedang anda incar itu dengan ekstra, dan anda juga akan memperlakukan orang tersebut dengan sangat spesial, bak raja atau ratu yang sangat istimewa. Maka dari itu, anda juga akan berusaha menampakkan perasaan anda itu ke dalam tindakan yang nyata. Misal, anda akan menunjukkan wujud rela berkorban demi orang yang anda cintai, kemudian anda akan melindunginya dengan segala macam cara, serta anda akan selalu berusaha untuk terus mengayomi orang itu dengan hati yang tulus, dan anda akan selalu berusaha memberi semua hal yang terbaik untuk orang yang anda cintai tersebut.

Menanamkan Rasa Cinta Rupiah Sejak Sekarang
Sumber Foto: laksani.com

Nah, perumpamaan di atas adalah sebuah pengibaratan dari mata uang rupiah, dimana kita sebagai warna asli negara Indonesia harusnya mempunyai rasa cinta yang sifatnya serupa, layaknya anda sedang mencintai orang yang sangat istimewa dalam hidup anda. Pertanyaannya, apakah anda sudah benar-benar mencintai mata uang rupiah ataukah belum. Kali ini kita akan sedikit membahas mengenai bagaimana seseorang bisa menanamkan serta menunjukkan rasa cintanya kepada mata uang rupiah.

1. Cerminan seseorang dalam mencintai mata uang rupiah

Menanamkan Rasa Cinta Rupiah Sejak Sekarang
Sumber Foto: pendidikankarakter.com

Sejatinya banyak sekali wujud dari tindakan yang dapat anda sekalian lakukan sebagai bentuk rasa cinta anda kepada mata uang rupiah. Tentunya analogi yang sudah kami sampaikan di atas itu dapat anda terapkan dan gunakan di dalam mewujudkan rasa cinta anda kepada mata uang rupiah. Jika rasa cinta kepada seseorang bisa kita tunjukkan dengan cara melindunginya serta mengayominya dengan sepenuh hati dan segenap jiwa, maka di dalam mencintai mata uang rupiah akan berlaku wujud cinta yang sama tentunya. demikian halnya. Anda dapat tunjukkan rasa cinta itu dengan cara menghargai serta menyimpan mata uang rupiah dengan sebaik mungkin, dan juga tidak memperlakukannya dengan semena-mena.

2. Wujud nyata cinta kepada rupiah

Menanamkan Rasa Cinta Rupiah Sejak Sekarang
Sumber Foto: sindonews.net

Guna bisa menunjukkan dan menerapkan rasa cinta anda kepada mata uang rupiah itu, anda bisa melakukan banyak cara dalam kehidupan anda sehari-hari.  Misal, dengan tidak melipat mata uang rupiah sembarangan, apalagi sampai meremas-remas atau malah sengaja membakarnya, kemudian dengan tidak disteples semau anda sendiri, kemudian tidak dicoret-moret dengan tulisan atau gambar-gambar, kemudian dengan tidak menggenggam uang anda di saat tangan anda masih dalam keadaan basah.

Apabila anda hendak menunjukkan rasa cinta anda kepada rupiah, maka berhentilah merusak uang rupiah anda mulai sekarang juga. Kasus itu banyak terjadi pada mata uang yang memiliki nominal yang kecil. Misal, tindak pengrusakan banyak terjadi pada mata uang dengan nominal ribuan, seperti banyak kita jumpai uang yang dicoret-coret semaunya, dan juga digambari dengan gambar-gambar yang tidak mendidik. Kita juga sering sembarangan dalam memperlakukan mata uang rupiah, padahal mata uang dengan jumlah nominal yang kecil ataupun jumlah nominal yang besar, memiliki kesetaraan yang sama.

3. Sikap pemerintah di dalam mewujudkan rasa cinta kepada rupiah

Terhitung pada tanggal 14 Agustus tahun 2014 yang lalu, pemerintah Indonesia, dalam konteks ini adalah Bank Indonesia sudah mengenalkan gerakan yang dikenal dengan nama Gerakan Nasional Nontunai. Gerakan yang satu ini tentunya akan banyak membantu menindak lanjuti  orang-orang yang dengan sengaja memperlakukan mata uang rupiah dengan tindakan semena-mena. Dengan cara itu, maka diharapkan tindakan negatif yaitu seperti kebiasaan melipat dan meremas uang dapat diredam.

Menanamkan Rasa Cinta Rupiah Sejak Sekarang
Sumber Foto: jejeblog

Banyak sekali orang yang salah mengartikan Gerakan Nasional Nontunai. Padahal sejatinya, gerakan itu merupakan bagian daripada membangun rasa cinta kepada rupiah. Mungkin, dengan adanya mata uang tunai, kita seringkali  kesulitan dalam  menerima uang kembalian, yang ujung-ujungnya sering dari kita malah dikasih kembalian berupa permen. Padahal, dengan adanya Gerakan Nasional Nontunai itu, hal-hal yang berbau demikian dapat kita hindarkandan tidak akan ada lagi kembalian berupa permen atau kembang gula.

4. Cinta rupiah = Nasionalisme sejati

Menanamkan Rasa Cinta Rupiah Sejak Sekarang
Sumber Foto: cirebontrust.com
Sebagai elemen dari  warga Indonesia yang sejati, tentunya rasa cinta kepada rupiah merupakan bagian penting dari wujud nasionalisme yang sejati. Sebab, mata uang rupiah adalah salah satu wujud identitas dari bangsa Indonesia. Yang artinya, perasaan nasionalisme itu dapat anda wujudkan dengan beragam hal yang kecil bersifat mendasar sekalipun. Bicara soal nasionalisme, maka pastinya kita akan dibawa kembali menuju sejarah Indonesia yang sangat bermartabat. Di mana jati diri bangsa ini tidaklah diraih dengan cuma-cuma, namun semua itu harus dibayar mahal dengan perjuangan penuh darah dan keringat serta air mata.

Pastinya anda sekalian pernah mengenyam pendidikan di bangku SMA, tentunya anda pernah belajar mengenai asal mula terlahirnya mata uang rupiah. Sejarah itu tidaklah terlepas dari banyaknya bentuk mata uang dari negara asing yang juga banyak beredar di nusantara pada waktu itu. Guna untuk bisa menyelamatkan segi inflasi yang menggila pada waktu itu, maka pemerintah Indonesia pun segera mengeluarkan mata uang rupiah, dengan tujuan masalah inflasi dapat cepat untuk teratasi.

Kewajiban kita di dalam menggunakan mata uang rupiah saat melakukan beragam transaksi, dapat dinilai serta dapat membawa sebuah dampak yang sangat positif kepada segi  pertumbuhan ekonomi Indonesia, karena bisa memudahkan proses transaksi serta bisa memperkuat dan memperkokoh nilai mata uang rupiah kita. Dengan pemerintah mau untuk menerapkan kebijakan di dalam pemakaian mata uang rupiah pada waktu itu, diharapkan dapat mempermudah proses transaksi, karena masyarakat tidaklah perlu lagi untuk susah payah menghitung nilai kurs serta repot untuk menukar mata uang lagi. Di samping  itu, segi penggunaan yang benar pada mata uang rupiah itu juga diharapkan bisa secara efektif mengasah dan memupuk rasa hormat kepada para pejuang yang telah mati-matian mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Itulah mengapa gambar pada mata uang rupiah adalah gambar para tokoh para pahlawan yang sudah merelakan nyawanya di dalam memperjuangkan kemerdekaan di Indonesia. Hal ini bukan berarti tidak ada tujuan atau maksud tertentu. Selain untuk mengajak rakyat Indonesia untuk selalu mengenang jasa para pahlawan pendahulunya, pemilihan gambar pahlawan pada mata uang rupiah juga hendak mengingatkan kita semua untuk senantiasa menghargai jasa para pahlawan dan menghargai mata uang rupian itu sendiri. Semoga dengan tulisan di atas kita bisa semakin menghargai bangsa Indonesia sebagai bangsa yang luhur, serta kita bisa menanamkan dan mengasah rasa Cinta rupiah.


EmoticonEmoticon