Kamis, 16 Februari 2017

9 Tips Awet Jalani LDR

9 Tips Awet Jalani LDR
Ilustrasi via Pixabay.com

Banyak dari kamu pernah atau mungkin sedang menjalani long distance relationship (LDR) alias hubungan cinta jarak jauh. Menjalani LDR memang gampang-gampang susah. Butuh perlakuan istimewa dari pasangan karena tantangannya akan lebih banyak dibanding menjalani hubungan cinta biasa. Namun, bukan berarti kamu yang menjalani hubungan ini akan selalu berakhir putus dengan pasangan. Banyak juga, kok, pasangan LDR yang berakhir di pelaminan. Asalkan tahu triknya, menjalani LDR tak akan sesulit bayanganmu. Intip 8 tips menjalani LDR ini agar hubungan LDR kamu awet.

Menjaga Kepercayaan

Kepercayaan merupakan kunci menjalani sebuah hubungan. Tanamkan rasa saling percaya di antara kamu dan pasangan. Jika kalian telah memiliki rasa saling percaya, dijamin perselisihan karena cemburu, curiga, perasaan tidak aman, hingga perselingkuhan dapat terhindarkan dalam hubungan. Selain itu, masing-masing pasangan wajib saling menjaga kepercayaan yang telah diberikan.

Saling Terbuka

Bersikaplah terbuka kepada pasangan kamu. Sikap saling terbuka akan menghindarkanmu dari sikap saling curiga. Dengan bersikap terbuka, langkah kamu dan pasangan dalam menjalani hubungan jarak jauh akan lebih ringan. Ceritakan segala hal yang kamu alami mulai dari masalah pribadi, pekerjaan, atau kuliah. Pasangan akan merasa senang ketika kamu mau berbagi segala hal dengan nyaman kepadanya.

Hindari Berpikir Negatif

Pikiran negatif merupakan momok dari hilangnya rasa kepercayaan dalam sebuah hubungan. Karena itu, hilangkan jauh-jauh pikiran kamu dari hal-hal negatif. Apalagi yang belum tentu kebenarannya. Tak akan ada untungnya memelihara pikiran negatif saat menjalani hubungan jarak jauh. Hal ini justru akan semakin sering memicu timbulnya pertengkaran antara kamu dan pasangan. Sebaliknya selalu berupaya berpikir positif agar dapat menjalani LDR dengan nyaman. Misalnya, saat si dia lama membalas SMS kamu, jangan langsung berpikir dia sedang bersama orang lain. Alihkan pikiran pada hal yang lebih positif misalnya, mungkin saja kekasih kamu sedang sibuk kuliah atau bekerja sehingga tak sempat membalas SMS.

Komunikasi

Meski terpisah jarak dan waktu, komunikasi di antara kedua pasangan tak boleh terputus. Komunikasi merupakan fondasi utama dalam menjalani hubungan jarak jauh. Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, komunikasi tak hanya sebatas telepon atau SMS, tapi mencakup video call, telepon internet, berkirim gambar, dan sebagainya. Syaratnya hanya satu yakni memiliki paket internet.

Komunikasi menggunakan paket internet memang jauh lebih murah dan efisien dibanding menelepon atau SMS biasa. Paket internet bisa kamu dapatkan saat pembelian pulsa. Untuk menghemat biaya komunikasi, kamu bisa menyiasatinya dengan membeli paket internet di situs Traveloka. Traveloka menawarkan pembelian paket data internet dengan harga pas atau lebih murah. Jika komunikasi lancar, dijamin hubungan LDR akan awet.

Memiliki Tujuan Akhir Bersama

Jika kamu serius menjalani hubungan tersebut dengan pasangan, ada baiknya sejak awal saling menyepakati tujuan akhir bersama. Jika memang tujuan akhir dari hubungan tersebut adalah pernikahan, seharusnya langkah menjalani LDR akan terasa lebih ringan karena memiliki tujuan yang sama. Tujuan akhir ini yang sebaiknya terus kamu ingat, terutama saat sedang dilanda  masalah.

Memegang Komitmen

Selain menyepakati tujuan bersama, ada baiknya juga membicarakan komitmen bersama. Misalnya, komitmen untuk saling setia, komitmen untuk menunggu satu sama lain, dan sebagainya. Menjaga komitmen akan membuat hubungan kamu dan pasangan semakin kuat dari akarnya.

Hindari Pembicaraan Monoton

Komunikasi yang lancar akan semakin baik jika kamu mampu mengemasnya dengan perbincangan yang menarik. Caranya, setiap berkomunikasi dengan pacar siapkan topik pembicaraan yang seru dan tak monoton. Hindari pembicaraan hanya sebatas “lagi ngapain?” “sudah makan belum?” atau “hari ini ngapain aja?”. Kamu boleh, kok, menyelipkan topik lain saat berkomunikasi dengannya, misalnya diskusi politik atau membahas gosip selebriti. 

Memberikan Kejutan

Rasa bosan atau jenuh akan lebih sering muncul pada hubungan jarak jauh. Untuk menghindari datangnya bosan, kamu harus cerdik mengakali. Sesekali berikan kejutan-kejutan kecil untuk pasangan. Misalnya, pulang mendiam-diam di hari jadi, atau mengirimkan hadiah kecil untuk pasangan. Hal-hal kecil di luar kebiasaan ini penting dilakukan untuk menjaga percikan api asmara dalam hubungan kamu dan pasangan.

Ungkapkan Perasaan

Jangan segan untuk mengungkapkan perasaanmu terhadap pasangan. Jika mungkin ungkapkan setiap hari. Ungkapan perasaan bisa semakin menguatkan ikatan hubungan antara kedua pasangan, sekaligus menjaga keromantisan hubungan.

Semoga Bermanfaat :)


EmoticonEmoticon