Gowes Desa Cipaku Purbalingga

Desa Cipaku merupakan salah satu desa di kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Dilihat dari namanya "ci" yang berarti sungai dan "paku" yang berarti pedoman, maka berarti sungai yang menjadi tulang punggung kehidupan Desa Cipaku memiliki banyak potensi wisata di dalamnya, antara lain Curug Cingongah, Curug Nini, Situs Batu Tulis, Telaga Bolangirit dan lain sebagainya. 

Tepat pada tanggal 22 Oktober 2016, saya, Pak Bowo, Pak Beg, Pak Kus, dan Pak Zen berangkat bersepeda dari purwokerto menuju desa cipaku. Tentu dengan tujuan tempat wisata yang sudah saya jelaskan di atas. Saya, Pak Bowo, Pak Beg, dan Pak Kus bertemu di depan pombensin pabuaran jam setengah 6 pagi. Sesaat itu kami lekas pergi menuju pertigaan desa tambaksogra untuk berkumpul dengan pak Zen. Kami memutuskan untuk berangkat sekitar jam 6 pagi dari tambaksogra. 

Dalam perjalanan gowes menuju desa cipaku, kami menemui banyak sekali hal-hal yang tidak kami duga sebelumnya. Seperti, penutupan jalan di daerah yang akan ke arah Aquarium Purbayasa akibat perbaikan jalan yang sedang dilakukan oleh warga setempat. Mau tidak mau kami harus memutar jalan dan tentunya memakan waktu yang lebih untuk sampai di desa cipaku. Tidak hanya itu saja, kami juga sempat salah jalan untuk beberapa kali. Akan tetapi dari semua itu tidak membuat kami berputus asa, malah kami makin menikmati tiap perjalannya. Apalagi ditambah dengan pesona wisata di desa Cipaku, terutama wisata Curug Nini, sangatlah cukup mengobati capek perjalanan kami.

Berikut adalah rute yang kami tempuh:

Berangkat: Pabuaran -> Tambaksogra -> Padamara -> Prigi -> Karangklesem -> Kutasari -> Meri -> Candiwulan -> Karang Cegak -> Metenggeng -> Pekalongan -> Bumisari -> Cipaku




Pulang: Cipaku -> Bumisari -> Pekalongan -> Metenggeng -> Karang Cegak -> Candiwulan -> Meri -> Karangreja -> Kedung Jampang -> Susukan -> Ciberem -> Sumbang -> Tambaksogra -> Pabuaran

Setidaknya kami menempuh jarak sekitar 60 km pulang-pergi. Dari jam 06.00 - 12.00 WIB. Sungguh pengalaman gowes yang menyenangkan dan tentunya menyehatkan. 

Ini ada beberapa foto-foto yang berhasil kami dokumentasikan dalam perjalanan menuju desa cipaku:

Pak Zen

Pak Kus

Pak Bowo

Pak Beg








Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Gowes Desa Cipaku Purbalingga"

 
Back To Top