Pengertian Premi Asuransi dan Manfaatnya

Pengertian Premi Asuransi

Asuransi bagi masyarakat perkotaan sudah merupakan salah satu kebutuhan utama diluar kebutuhan pokok. Apalagi dinamika sosial dan ekonomi terjadi tidak menentu. Ada berbagai macam istilah dalam asuransi, salah satunya yaitu premi. Sedangkan pengertian premi asuransi itu sendiri merupakan sebuah setoran wajib yang harus disetorkan tiap bulan oleh tertanggung, dan besaran premi itu sendiri sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada agen asuransi yang diikuti oleh tertanggung. Maksud dari tertanggung disini ialah peserta jasa asuransi. Namun ada juga yang menyatakan bahwa pengertian premi asuransi ialah setoran uang yang dibayarkan oleh peserta jasa asuransi. Namun intinya ialah, bahwa peserta jasa asuransi wajib membayarkan sejumlah setoran yang sudah disepakati bersama sebelumnya, antara jasa penyedia asuransi dan peserta, dan dikemudian hari jika terjadi hal yang sebagaimana diatur dalam perjanjian asuransi yang menimpa peserta jasa asuransi, maka jasa penyedia asuransi akan memberikan premi tersebut. 

Setelah kita sama-sama mengerti tentang pengertian premi asuransi, maka selanjutnya kita juga harus mengerti baik buruknya jika kita mengikuti program jasa penyedia asuransi tersebut. Agar semata-mata kita lebih paham terhadap potensi keuntungan maupun kerugiannya, sehingga kita lebih siap jika sesuatu hal terjadi kelak. Pertama adalah manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengikuti jasa penyedia asuransi. 

Membantu mengelola keuangan

Keuangan adalah hal yang riskan, sering kali kita tidak bisa menduga kapan akan mendapatkan rejeki yang berlimpah, kapan akan jatuh sengsara. Apalagi jika melihat pertumbuhan ekonomi dunia yang berjalan sangat dinamis. Meskipun sempat terjadi krisis dibeberapa negara, hingga turunnya harga minyak dunia, tapi pada akhirnya perekonomian indonesia tetap aman-aman saja. Namun, siapa yang dapat menjamin jika hal serupa dimasa depan tidak terjadi kembali dan indonesia bisa jadi terkena dampaknya. Maka pastinya, penting bagi para pelaku bisnis untuk mengikuti program asuransi. Karena dengan mengikuti program asuransi, resiko terjadi kejadian hal-hal yang tidak diinginkan menyangkut sisi keuangan dapat diminimalisir.

Sebagai tabungan

Mengikuti program asuransi juga bisa menjadi salah satu program menabung yang menguntungkan. Mengapa demikian? Karena beberapa perusahaan asuransi akan mengembalikan premi yang sudah dibayarkan oleh tertanggu dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, wabil khusus jika kita mengikuti asuransi jiwa. Maka ini jelas akan menguntungkan.




Mempermudah mendapat jaminan dari bank

Dengan mengikuti program jasa penyedia asuransi, maka kita secara tidak langsung juga akan dengan mudah mendapatkan jaminan dari bank. Karena bagaimanapun, bank tidak ingin mengambil resiko memberikan jaminan kepada nasabah yang berpotensi mendatangkan kerugian dikemudian hari jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan menimpa nasaba tersebut. Dengan mengikuti program asuransi, maka kerugian tersebut bisa dialihkan kepada penyedia jasa asuransi yang diikuti oleh sang nasabah.
Demikianlah sedikit penjabaran dan manfaat dari mengikuti jasa penyedia asuransi. Bagaimana? Apa anda tertarik untuk mendaftar ke salah satu penyedia jasa asuransi?.

Semoga Bermanfaat :D



Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian Premi Asuransi dan Manfaatnya"

 
Back To Top