Contoh Bisnis Plan Sederhana dan Mudah


Sebelum kita membahas mengenai apa itu contoh bisnis plan sederhana, alangkah baiknya dulu kita mengetahui apa yang kemudian disebut dari bisnis plan itu sendiri. Karena jika kita sendiri belum paham apa yang dimaksud dengan bisnis plan, maka nanti bisa terjadi kesalahpahaman informasi yang mengakibatkan tidak lengkapnya penerimaaan informasi yang sudah diberikan. Jadi bisnis plan adalah semacam sebuah dokumen dimana pada dokumen tersebut terdapat rancangan bisnis anda, mulai dari nama bisnis, latar belakang mengapa bisnis tersebut anda coba tekuni, strategi bisnis apa yang akan anda gunakan dalam rangka memajukan bisnis tersebut, lokasi dari bisnis tersebut, potensi dari bisnis tersebut dan juga tidak lupa resiko yang akan dihadapi dalam menjalankan bisnis tersebut. Bisnis plan berfungsi sebagai alas atau landasan awal dalam anda memulai sebuah bisnis. Seperti sebuah bangunan, bisnis plan disini adalah lantainya, dasarnya. Tidak dapat berdirilah sebuah bangunan jika tidak ada lantai atau dasarnya, begitu pula lah dengan sebuah bisnis. Harus ada bisnis plan yang kita buat. Maka dalam artikel kita kali ini akan membahas mengenai contoh bisnis plan sederhana.  




Beberapa bidang bisnis yang tidak akan pernah surut adalah bisnis makanan dan minuman, bisnis property dan tidak lupa bisnis pakaian. Atau jamak kita kenal sebagai sandang, pangan dan papan. Ketiga bisnis inilah yang akan selalu memiliki prospek yang sangat baik. Dengan demikian, maka contoh bisnis plan sederhana bisa berbagai macam sesuai dengan ketiga jenis bisnis yang prospektif tadi. Misalkan saja dengan contoh bisnis plan sederhana sebuah kedai kopi berjalan. Kedai kopi berjalan juga bisa menjadi salah satu pilihan bisnis yang menarik, mengingat bahwa penikmat kopi di indonesia termasuk salah satu yang besar. Fakta lainya, indonesia adalah salah satu negara dengan jenis kopi yang beragam dan banyak jumlahnya. Maka jika anda memang tertarik dan berminat dalam menekuni bisnis kedai kopi berjalan, hal pertama yang kita butuhkan atau hal yang pertama yang akan kita buat adalah bisnis plan dari kedai kopi berjalan tadi. 

Maka mungkin contoh dari bisnis plan kedai kopi berjalan adalah sebagai berikut ini:

Latar belakang usaha

Melihat banyaknya penikmat kopi, dan juga beragam jenis kopi yang terdapat di indonesia, maka ini merupakan salah satu pasar yang masih sangat prospektif. Bisnis kopi ini sendiri dikemas dengan nuansa atau suasana yang lebih unik, yaitu dengan konsep kedai kopi berjalan. Dengan mengusung konsep kedai kopi berjalan, maka akan lebih efektif dan efisien serta bisa lebih mobile dalam hal pemilihan tempat lokasi bisnis. 

Bentuk usaha

Bentuk usaha dari kedai kopi berjalan ini dikemas dengan konsep yang sederhana namun modern dengan memanfaatkan mobil pikc up yang dimodifikasi menjadi sebuah kedai berjalan. Kopi yang disajikan dengan menggunakan kemasan take away yang simpel dan dipadukan dengan beberapa cemilan ringan sebagai teman minum kopinya, maka akan jadi salah satu konsep yang unik dan menarik.

Lokasi usaha

Sedangkan lokasi usaha dari kedai kopi berjalan ini bisa berada disekitar perkantoran yang sibuk, lokasi kampus yang ramai dengan anak nongkrong dan mahasiswa yang mobile. 

Setelah menyusun latar belakang usaha, bentuk usaha, dan lokai usaha, maka selanjutnya dalah menentukan startegi usaha dan juga modal usaha. Semoga sedikit contoh dan penjelasan ini cukup bermanfaat dan bisa membantu anda dalam menyusun bisnis plan dalam memulai bisnis kedai kopi berjalan tersebut. 



Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Contoh Bisnis Plan Sederhana dan Mudah"

 
Back To Top