7 Alasan Kenapa Kamu Harus Bangga Tahu HIV dan AIDS

 Anak muda harus berkarya, itu pasti! Anak muda juga harus punya pretasi, itu juga harus! Sedangkan anak muda harus pandai bergaul, itu wajib! Ya, pandai dalam pergaulan adalah sebuah keahlian dan juga seni dari sebuah kehidupan yang harus dimiliki oleh anak muda era modern seperti saat ini. Sayangnya, kebanyakan anak muda lupa bagaimana seni dalam kehidupan itu diterapkan. Hingga lahirlah sebuah paradigma baru di tengah anak muda yang termakan modernisasi jaman, yaitu pergaulan bebas. Jika sudah demikian, mati muda sia-sia, tua tak ada guna. Miris dan sadis. Modernisasi jaman memang menjadi sesuatu yang seakan-akan bermata dua bagi beberapa anak muda. Disatu sisi, modernisasi jaman membuat pemuda lebih mudah mengakses beragam kebutuhan informasi dan pengetahuan positif bagi mereka untuk terus meningkatkan potensi dan daya guna mereka dimasa yang akan datang. Di sisi lain bagi mereka yang salah jalan, modernisasi tak ubahnya seperti sebuah lubang cacing yang bisa membawa mereka kesuatu tempat yang pastinya akan sangat susah untuk kembali ketempat semula. Ya, sekali terjerumus ke dalam suatu pergaulan bebas yang salah, maka seumur hidup hanya akan meninggalkan penyesalan dan luka lebam yang tak kunjung hilang di dalam perjalanan hidup mereka.

Banyak keburukan yang akan didapatkan bagi anak-anak muda yang tidak menerapkan seni dalam pergaulan, apalagi jika mereka sudah terjerumus dan ketagihan dengan konsep pergaulan bebas. Salah satu yang mungkin menjadi momok dan amat ditakuti adalah HIV dan AIDS. Apalagi mengingat fakta bahwa penyakit HIV dan AIDS adalah penyakit yang amat mematikan dan belum ada obatnya. Maka jika kamu terkena penyakit ini sejak muda hanya karna salah dalam pergaulan, kamu mati muda sia-sia, tua tak ada guna. Lalu bagaimana caranya agar anak muda tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang bisa mengakibatkan mereka terkena penyakit menular dan mematikan seperti HIV dan AIDS? Salah satu cara yang harus mereka terapkan adalah dengan cara menerapkan seni dalam pergaulan mereka di dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu seni dalam pergaulan tersebut adalah dengan menerapkan paham atau pemikiran di dalam diri mereka tentang “Bangga Tahu HIV dan AIDS”. 

Mengapa paham dan pemikiran tersebut harus diterapkan di kalangan anak muda sekarang? Dari pertanyaan tersebut bisa kita sebutkan atau kita jabarkan menjadi tujuh jawaban. Maka mungkin bisa kita tarik sebuah kesimpulan menjadi “7 Alasan Kenapa Kamu Harus Bangga Tahu HIV dan AIDS”.

Pertama, dengan mengetahui HIV dan AIDS maka kamu menjadi sosok yang keren dan punya pemikiran yang out of the box, sesuatu yang jelas jarang kita temukan dari anak muda kekinian masa kini. Keren, karena kamu akan bisa membentengi diri kamu sendiri akan hal-hal yang bisa membuat kamu terkena atau tertular virus HIV dan AIDS tersebut. Misalkan saja sex bebas, jarum suntik yang digunakan secara bergantian dan masih banyak yang lainnya. 

Kedua, kamu adalah agen perubahan. Sejatinya setiap anak muda itu mengemban misi untuk melakukan sebuah perubahan di dunia ini kearah yang lebih baik. Bagaimana anak muda bisa membawa misi tersebut jika ia sendiri gagal untuk membawa hidupnya kesesuatu yang lebih baik. Jika itu sampai terjadi maka kamu adalah agen yang gagal.

Ketiga, HIV dan AIDS itu menyakitkan. Penyakit ini belumlah ada obatnya, dan jika kamu terkena penyakit ini, maka sejatinya kamu seakan akan sedang memanggil malaikat pencabut nyawamu sendiri. Ingat, kematian bukan melulu tentang takdir, tapi juga tentang apa yang kita perbuat. Maka, ibadahlah!, ibadahlah!. 

Keempat, pengetahuan tentang HIV dan AIDS adalah ilmu yang penting. Disekolah dan diperguruan tinggi atau dimanapun kita menuntut ilmu, kita akan diberikan berbagai macam ilmu pengetahuan yang sifat sebagai pengetahuan dasar, pengetahuan penting dan juga sekaligus sebagai peningkat nilai tawar kita di masa depan. Seperti kita belajar tentang persamaan dua kuadrat, hukum ekonomi, atau bahkan rukun iman dan islam pada mata pelajaran agama islam. Akan tetapi satu pengetahuan yang tidak kalah penting, dan mungkin kita akan jarang dapatkan itu disekolahan atau dikampus, yaitu tentang penyuluhan dan bahaya HIV AIDS itu sendiri. Maka, kita sendiri yang harus punya peran serta aktif untuk meningkatkan keilmuan kita akan bidang-bidang yang mungkin belum diberikan semasa bangku sekolah. Dan jika kamu sebagai anak muda sudah bisa menerapkan itu, maka kamu layak berbangga diri akan sebuah pretasi dan pastinya sebuah sikap yang amat jarang ditemui dari anak muda kekinian era sekarang.

Kelima, sebagai pelindung keluarga dan lingkungan. Dengan kamu mengetahui bahaya, penyebaran dan segala seluk beluknya tentang HIV dan AIDS maka kamu sudah bisa berperan aktif dalam melindung keluarga tercinta, teman-teman dan juga lingkungan sekitarmu. 

Keenam, anak muda yang beriman dan bertaqwa. Menjalankan perintah-Nya dan juga menjauhi larangan-Nya adalah salah satu ciri orang yang beriman dan bertaqwa akan tuhan-Nya, dan hal tersebut harusnya sudah mulai diterapkan sejak dini. 

Ketujuh, kamu anak muda yang punya potensi. Setiap anak muda memiliki potensinya masing-masing. Jangan sia-siakan potensi tersebut hanya karena kamu salah dalam pergaulan. Sesungguhnya itu bukanlah sikap yang terpuji. 

Demikianlah 7 Alasan Kenapa kamu Harus Bangga Tahu HIV dan AIDS, teruslah berkarya wahai anak muda. Agar tidak mati muda sia-sia, tua tiada guna.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "7 Alasan Kenapa Kamu Harus Bangga Tahu HIV dan AIDS"

 
Back To Top