Visual Basic: Beda Event Load dan Activate

Banyak orang bertanya kepada saya khususnya para mahasiswa/i yang berkecimpung dalam dunia IT mengenai perbedaan antara event Load dan Activate dalam beberapa bahasa pemrograman, seperti Borland Delphi dan Visual Basic. Sebenarnya sangat mudah untuk membedakan antara event load dan activate. Tinggal coba beberapa script di kedua event tersebut. Misalnya saja seperti yang ada di visual basic (dalam hal ini saya memakai visual basic 6). Jika biasanya kalian menggunakan perintah setfocus di form activate ketika form dijalankan, kali ini silahkan kalian coba script setfocus di form load. Maka akan terjadi perbedaan di antara keduanya. Akan terjadi error di event load. Sedangkan di activate running program akan lancar. Ini sebenarnya hal yang simpel. Letak perbedaan antara event load dan activate diantaranya:


1. Activate bisa dijalankan berulang-ulang, sedangkan Load hanya 1 kali saja
2. Load akan berjalan lebih duluan ketimbang Activate. (initialize>load>resize>activate>paint)

Ada juga yang mengatakannya seperti ini:
Form Load
Event form load terpicu saat form di-load ke memori. Event ini bisa disebabkan oleh perintah Load atau method Show() atau perintah lain di dalam Module yang mengacu pada form yang bersangkutan. Jadi biarpun form tidak ingin kita tampilkan ditampilkan, jika ada perintah yang mengacu pada form tersebut, seperti mengganti nilai properti Caption / Text, akan membuat form di-load ke memori.

Form Activated
Event ini terpicu jika form yang bersangkutan dipilih / diklik (diaktifkan). Event form activated juga akan dipicu saat setiap kali program dijalankan dan form utama secara otomatis akan diaktifkan. Dalam hal ini, event form load akan terjadi lebih dahulu diikuti dengan form activated.
Jadi bijaklah dalam memilih event, entah itu Load ataupun Activate. Mohon kritikannya jika memang ada yang salah. Nuwun. 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Visual Basic: Beda Event Load dan Activate"

 
Back To Top