Keutamaan dan Amalan Bulan Sya'ban

Alhamdulillah kita sudah melewati bulan Rajab, dan kini tiba saatnya Bulan Sya’ban. Banyak keutamaan dan amalan yang dapat dilakukan  di Bulan Sya'ban. Harus kalian ketahui, Sya'ban merupakan bulan kedua selepas Bulan Rajab. Bulan Rajab sendiri merupakan kesempatan untuk meminta ampun dari segala dosa, sedangkan bulan Sya'ban adalah kesempatan untuk memperbaiki diri dari dan bulan Ramadhan adalah waktu untuk menerangkan hati dan jiwa.

Keutamaan Bulan Sya'ban

1. Bulan Sya’ban merupakan saat semua amalan selama 1 tahun dilaporkan kepada Allah swt. Oleh karenanya Rasulullah saw. senang melakukan puasa sunah pada bulan Sya’ban, dengan harapan ketika dilaporkan beliau sedang puasa. Shahabat Usamah bin Zaid r.a. pernah bertanya kepada Rasulullah saw. tentang kenapa Biliau sangat sering melakukan puasa pada bulan Sya’ban ?. Kemudian Rasulullah saw. menjawab :

ذٰلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَشَهْرٌ تُرْفَعُ فِيْهِ اْلاَعْمَالُ اِلَى رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ فَاُحِبُّ اَنْ يُّرْفَعَ عَمَلِى وَاَنَاصَآئِمٌ (رواه النسائ

Artinya : Bulan Sya’ban itu adalah bulan yang sering dilupakan oleh manusia, letaknya diantara bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Ia adalah bulan dimana seluruh amal dilaporkan kepada kepada Tuhan semesta alam, maka saya senang ketika amal saya dilaporkan saya dalam keadaan puasa. (HR. An-Nasai)

2. Pada malam Nisfu Sya’ban (separoh bulan Sya’ban) yaitu malam tanggal 15, dibuka pintu-pintu rahmat dan ampunan Allah swt. untuk hamba-Nya yang memohon. Perlu dimaklumi bahwa bergantinya tanggal bulan Hijriyah itu dimulai awal waktu Maghrib. Rasulullah saw. pernah bersabda :

Keutamaan dan Amalan Bulan Sya'banقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُوْامُوْا لَيْلَهَاوَصُوْمُوْا نَهَارَهَا فَاِنَّ اللهَ يَنْزِلُ فِيْهَالِغُرُوْبِ الشَّمْسِ اِلَى سَمَآءِ الدُّنْيَا فَيَقُوْلُ أَلاَ مِنْ مُسْتَغْفِرٍلِيْ فَأَغْفِرُلَهٗ أَلاَ مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقُهٗ أَلاَ مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهٗ أَلاَ كَذَا أَلاَ كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ (رواه ابن ماجه

Artinya : Bersabda Rasulullah saw. : “Apabila datang malam Nisfu Sya’ban maka shalatlah kalian pada malamnya dan puasalah kalian pada siangnya, maka sesungguhnya Allah turun pada malam itu sampai terbenamnya Matahari ke langit dunia, lalu berfirman : “Tidaklah seseorang yang mohon ampun kepada-Ku kecuali Aku (Allah)  mengampuni dia, tidaklah seseorang yang mohon rizqi kepada-Ku kecuali Aku (Allah) memberinya rizqi, tidaklah seseorang mohon dihindarkan dari balak kecuali Aku (Allah) menyehatkannya, tidaklah permohonan ini dan permohonan itu kecuali Aku (Allah) mengabulkannya, hingga terbit fajar.” (HR. Ibnu Majah)

3. Keutamaan Bulan Sya’ban juga disebutkan dalam sebuah hadits sebagai berikut :

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : فَضْلُ شَعْبَانَ عَلٰى سَائِرِ الشُّهُوْرِكَفَضْلِى عَلٰى سَائِرِاْلاَنْبِيَآءِ وَفَضْلُ رَمَضَانَ عَلٰى سَائِرِالشُّهُوْرِكَفَضْلِ اللهِ تَعَالٰى عَلٰى عِبَادِهٖ

Artinya : Rasulullah saw. bersabda : “ Keutamaan Bulan Sya’ban atas bulan-bulan yang lain seperti keutamaanku atas semua Nabi dan keutamaan Bulan Ramadhan atas bulan-bulan yang lain seperti keuatamaan Allah atas semua makhlukNya.

Amalan Bulan Sya'ban

1. Disunahkan berpuasa mulai awal Bulan Sya’ban sampai pertengahan bulan yaitu tanggal 13, 14 dan 15. Paling tidak berpuasa pada tanggal 15, mengingat hadits yang kedua riwayat Imam Ibnu Majah di atas.

Niat puasa pada bulan Sya’ban :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Artinya : Saya niat berpuasa besok dari bulan Sya’ban sunnah karena Allah Ta’ala.

2. Pada malam Nisfu Sya’ban setelah  shalat Maghrib melaksanakan shalat sunnah muthlaq 2 raka’at. Pada raka’at pertama setelah membaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun dan pada raka’at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas, selanjutnya seperti shalat pada umumnya dan diakhiri dengan salam.

3. Selesai shalat dilanjutkan membaca surat Yasin 3 kali, dengan niat :
a. Surat Yasin pertama mohon dipanjangkan umurnya untuk beribadah kepada Allah swt.
b. Surat Yasin kedua mohon rizkqi yang banyak dan halal untuk beribadah kepada Allah swt.
c. Surat Yasin ketiga mohon ditetapkan iman.

4. Setiap selesai membaca 1 kali surat Yasin membaca doa nisfu sya’ban

Semoga Bermanfaat :D
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Keutamaan dan Amalan Bulan Sya'ban"

 
Back To Top