Rainbow Mountain, Gunung Berwarna Pelangi di Danxia China

Rainbow Mountain, Gunung Berwarna Pelangi di Danxia China. Seperti halnya Surat Ar Rahman 19-20 yang menyatakan fenomena alam berupa pertemuan dua lautan yang tak bercampur; nyatanya fenomena gunung berwarna-warni yang difirmankan Allah dalam Surat Al Fathir 27, pun benar adanya.

Meskipun demikian,mungkin tetap tak sedikit orang yang belum mengenal fenomena alam yang indah berupa gunung-gunung yang berwarna-warni di Zhangye Danxia, provinsi Gansu, Cina.

Al-Qur'an sudah menginformasikan fenomena alam tersebut 14 abad yang lalu. 

Apakah Nabi Muhammad SAW sempat ke Cina? Tidak sempat sama sekali. 

Tiada lain tiada bukan, info tersebut berasal dari wahyu Allah SWT semata,

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ ثَمَرَاتٍ مُخْتَلِفًا أَلْوَانُهَا وَمِنَ الْجِبَالِ جُدَدٌ بِيضٌ وَحُمْرٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهَا وَغَرَابِيبُ سُودٌ

"Tidakkah engkau melihat bahwa Allah menurunkan air dari langit lalu dengan air itu Kami hasilkan buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang BERANEKA MACAM WARNANYA dan ada (pula) yang hitam pekat." (QS. Fathir 27)



Gunung yang terletak di China ini tampak semacam hamparan pelangi sebab itu orang menyebutnya 'rainbow mountain'.

Gunung berwarna pelangi yang seluas 300 kilometer persegi ini adalah tahap dari Zhangye Danxia Landform Geological Park yang terletak di provinsi Gansu, China.

Bukit serta lembahnya terdiri dari lapisan warna merah, biru, hijau zamrud, coklat, serta kuning. 



Meskipun demikian, di sana tak ditemui flora alias fauna apapun sebab kondisi tanahnya yang tandus.
Fenomena alam yang menakjubkan ini adalah contoh geomorfologi petrografi yang terbentuk sebab kondisi lingkungan.


Menurut Telegraph, bukit yang berwarna-warni sekaligus menakjubkan tersebut berasal dari batuan pasir merah serta mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu.

Gunung ini bakal menampilkan pola warna yang berbeda-beda, tergantung pada kondisi cuaca serta pencahayaan matahari. Warna-warni gunung ini bakal terus kontras apabila turun hujan pada hari sebelumnya.



Saat gunung ini pertama kali diketahui khalayak melewati gambar yang beredar di dunia maya, tak sedikit yang beranggapan kalau pola pelanginya adalah hasil rekayasa komputer. Namun kini Zhangye Danxia Park menjadi salah satu objek wisata paling dicari di China.

SubhanAllah, MahaBenar Allah dengan segala firman-Nya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Rainbow Mountain, Gunung Berwarna Pelangi di Danxia China"

 
Back To Top