Kamus Bahasa Ngapak Banyumas Telah Diterbitkan

Sebagai warga asli Banyumas, saya sangat bangga dengan adanya kamus bahasa ngapak banyumas yang baru-baru ini sudah diterbitkan. Tentu saya sendiri juga sangat penasaran akan isi dari kamus bahasa ngapak ini. Apakah tata penulisannya sama dengan kamus besar bahasa indonesia, atau malah justru beda. Berikut ini berita yang sadur dari tribunnews mengenai penerbitan kamus bahasa ngapak asli Banyumas:

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, menerbitkan Kamus Bahasa Jawa Banyumasan.

Kamus bahasa yang disusun awal oleh Budayawan Banyumas Ahmad Tohari dan kawan-kawan ini secara simbolis diserahkan Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Pardi Suratno kepada Bupati Banyumas Achmad Husein 4 Februari lalu.

Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Pardi Suratno mengatakan bahwa selama ini pengajaran bahasa lokal Jawa banyak mengacu pada bahasa standar, yakni bahasa Jawa Surakarta.

Menurutnya hal ini menyebabkan kendala bahasa untuk belajar, membaca, dan berbicara dalam bahasa standar tersebut. Sementara di beberapa wilayah, juga ada bahasa daerah dengan dialek yang berbeda.

“Ada perasaan ragu-ragu bagi sebagian penutur untuk menggunakan dialek tersebut dalam komunikasi sosial di antara masyarakat” kata Pardi Suratno.

Dia menyebut bahasa Banyumasan terkenal dengan cara bicaranya yang khas. Dibandingkan dengan bahasa Jawa dialek Yogyakarta dan Surakarta, dialek Banyumasan banyak sekali bedanya. Perbedaan yang utama yakni akhiran 'a' tetap diucapkan 'a' bukan 'o'.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kamus Bahasa Ngapak Banyumas Telah Diterbitkan"

 
Back To Top